7 Artis Pemeran Dunia Terbalik 2017

Print More

RADIOPITALOKAFM - Ada paribasa bahasa sunda — Nyalindung ka gelung yang arti secara bahasanya — berlindung di balik sanggul, imaknanya adalah lelaki/suami yang menggantungkan hidup pada wanita/istri. Nah menggantungkan hidup dari sang istri bisa kita lihat dalam sinetron DUNIA TERBALIK RCTI,

Dalam kisah sinetron dunia Terbalik menceritakan kalau sang suami harus mengurusi keluarga di kampung, sedangkan istri-istrinya harus membanting tulang di negri orang.

Setiap tokoh dalam sinetron tersebut  mampu menginterpretasikan dengan baik sehingga pesannya sampai ke penonton. Seperti tokoh Akum, dia selalu galau dan selalu bermasalah dengan istrinya, dan kadang anaknya suka rewel dan pernah kabur-kaburan karena ga sreg dengan perlakuan ayahnya.

Tokoh Idoy yang punya pemikiran rada lemot namun memberi hiburan tersendiri karena sering kali menjadi sebuah humor segar, kemudian di sebut melehoy alias agak lemot oleh Aceng. Tokoh Dadang yang kerap menampilkan sisi kesombongannya karena ia merasa paling lebih dibanding lainnya, terutama perseteruannya dengan Aceng.

Ada juga Kang Koswara yang berupaya mencari kerja yang baik untuk anak dan istri tanpa harus memberangkatkan sang istri jadi TKI, dari jadi tukang ojek sampai dagang cilok. Inilah tipikal enterpreneur yang berani jatuh bangun dalam membangun usaha sendiri karena tuntutan kebutuhan hidup.

Sampai Koswara pun pernah "diusir" secara halus oleh anaknya saat Dia dagang cilok di sekolahnya. Sang anak tak mau dipoyok (diledek) oleh teman-temannya karena kerjaan ayahnya yang hanya tukang cilok. Sosok Koswara selalu berjuang mati-matian agar sang istri tidak berangkat jadi TKW.

Kemudian ada sosok galau karena kehadiran kisah cinta Sobri dan Dedeh "Cantik" menyajikan romantisme penuh perjuangan. Hidup Dedeh selalu serba salah saat Dia dijodohkan sama emaknya dengang Kang Subagja (Bagja). Atau tokoh si cantik Entin tukang penjaga warung yang banyak menarik perhatian kaum lelaki di Ciraos dan menjadi cinta sejati Sekdes. Adapun gambaran wanita smart dan penuh strategi ditunjukkan dengan sepak terjang Ceu Yoyoh. Ceu Yoyoh mampu belajar dari pengalaman dan pandai mencuci otak para penduduk setempat untuk ikutan jadi TKW.

Sementara untuk perwakilan kaum tua yang merasa ingin selalu dianggap/ditokohkan namun masih lemah dalam ilmu agama (karena selalu bersumber dari google) digambarkan oleh ustadz Kemed. Lalu sosok Mak Suha, mertua Aceng, yang sangat protektif. Dia tak mau menantunya selingkuh dan melarang cucunya main di warnet. Dia pun jadi "alarm" bagi para kaum lelaki saat anak-anak dari para bapak tersebut harus dijemput saat pulang sekolah.

Baiklah inilah mereka para pemeran DUNIA TERBALIK :

1. Agus Kuncoro pemeran Kang Akum

Akum adalah sosok cowok yang lembut dan mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Tapi di pun menjadi tokoh pemersatu dan penengah di antara teman-temannya kalau ada keributan. Namun kegalauan akan keinginannya agar bisa selalu bersama istri yang jadi TKW menjadi masalah tersendiri bagi Akum.

Tugas istri diembannya dengan mengurusi anak semata wayangnya yaitu Febri yang mulai beranjak ABG. Semnetar bagi Ido, Akum adalah sobat setia yang selalu membantu masalahnya.

Sosok Akum diperankan oleh Agus Kuncoro Adi. Agus Kuncoro adalah aktor yang sudah cukup senior yang sudah malang melintang dalam dunia hiburan layar kaca dan layar lebar. Karakter Azzam menjadi ikon dalam sinetron "Para Pencari Tuhan" yang pernah ditayangkan SCTV setiap bulan Ramadhan. Agus mengawali debutnya lewat film "Sayekti dan Hanafi: The Movie" (1988). Namanya melejit lewat perannya sebagai Azam dalam sinetron religi "Para Pencari Tuhan" bersama Deddy Mizwar yang kini jadi Wakil Gubernur Jawa Barat.

 

2. Indra Birowo pemeran Kang Dadang

Via Okezone.com

Tokoh yang selalu berseteru dengan Kang Aceng ini diperankan dengan pikasebeleun oleh Indra Birowo. Dadang dan Aceng bak Tom dan Jerry yang setiap bertemu pasti saling ledek dan saling sindir. Pria kelahiran 9 Januari 1973 ini adalah aktor sekaligus komedian yang dulu dikenal luas melalui acara komedi "Extravaganza" di Trans TV. Indra pertama kali muncul dalam film "Bintang Jatuh" tahun 2000.

3. Sutan Simatupang pemeran Kang Aceng


Tokoh Aceng adalah sosok laki-laki playboy yang mudah tertarik pada wanita cantik, salah satunya Entin. Namun kuasa mitoha tak mampu ia lawan. Mertuanya yang galaknya minta ampun layaknya CCTV yang terus memantau pergerakan Aceng. Ketidakhadiran sang istri yang kerja di negeri orang membuatnya kerap rindu sosok perempuan. Inilah yang membuat sosok Aceng adalah lelaki purunyus yang selalu menggoda perempuan.

Di stasiun NET TV,  Sutan Simatupang main di sinetron "The East" berperan sebagai Kepala Departemen Produksi yang benama Dhewo. Pria jangkung badag dengan tinggi badan 184 cm ini semakin populer ketika tampil dalam serial pahlawan produksi Jepang Tokusatsu "BIma Satria Garuda" sebagai Rasputin yang tayang di tahun 2013.

4. Mieke Amalia pemeran Ceu Yoyoh

Via Tempo.co

Inilah sumber mengapa wanita di kampungnya banyak yang tertarik jadi TKW. Sebagai jaringan agen TKW, Ceu Yoyoh adalah sosok marketing yang mampu mempengaruhi penduduk untuk ambil bagian dari sistem kerjanya sebagai agen TKW. Ia selalu bersikap optimis dalam hidupnya walau statusnya single parent karena berpisah dengan sang suami. Namun, kehadiran Tuti, anak semata wayangnya, selalu jadi penyemangat.

Sosok Ceu Yoyoh yang punya anak bergaya gaul bernama Tuti/Entut ini diperankan apik oleh Mieke Amalia. Istri aktor Tora Sudiro tersebut adalah seorang model, bintang iklan, komedian, dan aktris yang terkenal lewat acara komedi "Extravaganza" (2004) seangkatan dengan Indra Birowo. Wanita cantik berdarah Jawa ini pernah menjadi gadis sampul majalah Mode tahun 1993.

5. Ryana Dea pemeran Kokom

Via detikHOT

Hidup dengan ekonomi serba kekurangan, itulah yang kerap jadi masalah Kokom dengan sang suami, Kang Koswara. Koswara yang berupaya sekuat tenaga banting tulang tak pernah dihargai di hadapannya. Satu tekad yang pasti cara instan untuk jadi kaya menurut Kokom adalah jadi TKW. Apalagi ia kerap dihebos  oleh Ceu Yoyoh. Namun, suaminya sendiri yang kerap jadi penghalang.

Biduk rumah tangga dengan Koswara pun setiap hari selalu dihiasi dengan pagutreng alias berselisih. Apalagi saat ia cemburu melihat dokter cantik Clara yang kayaknya punya hati pada suaminya yang kasep tersebut. Sosok Kokom adalah pribadi yang selalu galau, seakan hidupnya dibalut pesimistis.

Tokoh Kokom diperankan Ryana Dea Maharani yang berprofesi sebagai aktris dan model. Ryana memulai karier sebagai Finalis Cover Girl Majalah Aneka Yess pada 2005. Kemudian ia memperoleh peran utama sebagai Arletta di film "Puber" pada tahun 2008. Ryana Dea alumni mahasiswa Fikom di Universitas Persada Indonesia YAI, Salemba, Jakarta Pusat.

6. Marsha Risdasari pemeran Dedeh "Cantik"

Via indowarta

Mojang cantik ini adalah cinta sejati Sobri, pemuda kampung yang kerap galau akan jatidirinya. Cinta Sobri pada Dedeh "Cantik" terhalang restu orang tuanya Ustadz Kemed juga Mak Eros (neneknya Dedeh). Walau, rasa cinta Dedeh pada Sobri pun sebenarnya tak bertepuk sebelah tangan. Backstreet adalah upaya keduanya dalam menjalin asmara.

Keduanya menjalani kisah romantika dengan penuh perjuangan. Kisah asmara Pak Kemed dengan Mak Eros waktu keduanya zaman muda yang tragis, itulah yang jadi asal muasal mengapa kedua orang tua tersebut kerap menghalangi jalinan antara Sobri dan Dedeh. Mak Eros sendiri adalah sesepuh dalam tradisi wanita Ciraos jadi TKW. Ya, Mak Eros adalah pelopor TKW di lemburnya.

Namun, alasan Mak Eros sering cemberut dan mendadak selalu ingin diperhatikan karena ia tak mau Dedeh meninggalkan dirinya. Bayangan jika Dedeh berumah tangga nanti, sang cucu tercinta akan "dibajak" oleh sang suami dan Mak Eros tak mau jadi nenek sebatang kara hingga ajal menjemputnya.

Tokoh Dedeh diperankan Marsha Risdasari, mojang cantik asal Bandung yang pernah sekolah di SMA Negeri 5 di Jln. Belitung, Bandung. Mojang geulis kelahiran 28 September 1998 ini, pernah menghiasi layar kaca sebagai host "Koki Cilik". Putri pasangan Riki Rismawan dan Ida Nusa ini mengawal program acara kuliner tersebut saat kelas 1 SMP sampai kelas 2 SMP lalu dilanjutkan dengan program "Koki Pintar".

Hobinya dalam dunia tarik suara  ia salurkan dengan membentuk girl band, Idyllic. Beranggotakan empat orang yakni Bella Shifa, Ghina Salsabila, Ratu Intan Lestari, dan Marsha. Bersama ketiga temannya, Marsha sempat merilis single "Sebentar Saja".

7. Rosnita Putri pemeran Entin

via klikharry

Cantik, lugu, dan penuh pesona adalah daya tarik Entin di mata para pria di kampungnya. Para lelaki rela nongkrong dan minum kopi rutin di warungnya. Namun, inilah yang kerap jadi sumbu masalah. Kedekatan Aceng dengan Entin gara-gara jepit rambut pernah bikin Mak Suha (mertua Aceng) ngamuk dan mengacak-ngacak kampung. Hingga barang dagangan Mang Ocad, si tukang kredit, pun kena amukan membabi buta Mak Suha. Lalu, Esih pun pernah cemburu berat karena sang suami, Akum, disangka punya rasa pada Entin.

Sosok Entin diperankan Rosnita Putri Permata. Wanita cantik kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1986 ini sering membintangi sinetron garapan Genta Buana Paramita yang ditayangkan saluran televisi Indosiar. Ia mengawali kariernya sebagai model dan pemain sinetron. Rosnita pun pernah membintangi film "Syahadat Cinta" yang merupakan film perdananya.