Rice Cooker Penanak Nasi Yang Makin Modern

Print More

Rice cooker atau penanak nasi jaman sekarang sudah menjadi bagian gaya hidup. Eits bukan hanya untuk orang Asia tetapi hampir di seluruh duni. Dengan alat ringkas inilah menanak nasi terasa akan lebih mudah, praktis serta higienis. Model dan fungsinya pun sangat beragam.

Kalau dulu rice cooker hanya di pake sebagai penanak nasi dan penghangat saja, namun kini fungsinya mulai di kembangkan. Bisa menghangatkan lauk, mengukus dan membuat bubur. Dan biasanya rice cooker dilengkapi juga dengan fitur seperti slow cook, quick coock, keep warm, steam tray, delay timer, dan logic smart.

Rice cooker pun memiliki beberapa, seperti pot style dan cool touch. Rice cooker jenis pot style biasanya lebih gampang dioperasikan. Tersedia juga dalam beberapa ukuran yaitu mulai dari 3 sampai 30 gelas beras. Panci bagian dalam bisa dilepas. Rice cooker seperti ini bisa memasak secara otomatis dan jika nasi matang maka akan berubah ke pilihan keep warm.

Sedangkan untuk jenis cool touch rice cooker memiliki tutup berengsel sehingga dapat menjaga uap air dan kelembapan. Jenis tersebut berukuran 4 hingga 10 gelas beras saja. Metode memasaknya sama seperti jenis pot style. Kecuali panci di bagian dalamnya yang tak bisa dilepas tetapi akan tetap dingin jika dipegang selama proses memasak.

Kebanyakan masyarakat kita sering menyebut rice cooker dengan magic com atau magic jar. Pada dasarnya sih kedua alat yang disebut tadi mempunyai fungsi yang sama, yaitu memasak dan menghangatkan nasi. Bedanya kalu rice cooker penanak nasi dengan panci dalam tanpa dilapisi anti lengket, dengan kata lain nasi dapat lengket. Sedangkan untuk magic com, dilapisi bahan anti lengket. Selain itu rice cooker pun mampu menghangatkan nasi sampai sehari semalam, sedangakan magic com atau magic jar hingga 2 hari 2 malam.

Cukup dengan adanya daya listrik, menanak nasi bisa lebih mudah, dan flexible mau dimanapun tak akan menganggu situasi. [detikfood]