Bikin Wedang Jahe Ala Pitaloka, Lebih Berkhasiat Dan Mantap

Print More

RADIOPITALOKAFM - Kondisi cuaca dingin enaknya ngapain yah? , yang mudah-mudah saja, seperti geprek jahe terus di seduh pake air panas tambahkan sedikit gula untuk pemansi.. hmmmm di jamin segaaar berkhasiat.

Tapi kalau mitra bisa caranya gitu lagi-gitu lagi, bagaimana kalau kita sedikit rubah pola, tambah sedikit bahan barang tentu tanpa mengurangi manfaat alami yang terkandung dalam minuman tradsional berkhasiat ini.

Jahe sangat populer di dalam bahkan di luar negri yang bis diolah sebagai rempah-rempah, bahan obat herbal, atau minuman tradisional (wedang). Bentuk rimpang jahe sangat bervariasi, mulai dari sedikit pipih sampai gemuk memanjang. Begitu pun dari warnanya, ada yang warna putih kekuningan dan ada juga yang kuning aga kemerahan.

Kali ini kita akan berkreasi membuat wedang jahe ala Pitaloka FM dan baiklah kita mulai dengan persiapkan bahan-bahannya :

  • siapkan santan kelapa yang berguna untuk memberikan cita rasa gurih pada berbagai macam olahan minuman tradisional.
  • Sediakan secukupnya daun pandan dan aneka rempah pilihan seperti kapulaga, merica hitam, cengkeh dan pekak untuk menghasilkan wedang jahe mantap, hangat menghangatkan bahkan pedas.
  • Air rebusan sereh yang mempunya manfaat untuk meredakan rasa sakit dan nyeri di kepala, otot dan persendian di tubuh kita.
  • Jangan lupa kopi hitam berguna sebagai penghilang rasa kantuk, penambah energi dan semangat, serta menyegarkan pikiran.

Tips memilih atau membeli jahe : Perhatikanlah dibagian luarnya, pastikan memilih rimpang yang mulus, tak ada mata dengan ukuran bonggol besar (tidak kurus).

Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan Tubuh kita

Agar mendapatkan manfaat lebih dari jahe, jangan lupa untuk memilih jahe yang kualitas bagus segar dan tidak peot.

  1. Menurunkan panas pada tubuh, mengobati penyakit batuk dan meredakan sakit demam.
  2. Wedang jahe punya manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan cara membantu merangsang pelepasan hormon adrenalin.
  3. Minuman jahe terbukti bisa memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar.
  4. Ikut membantu meringankan kinerja organ jantung dalam tugasnya memompa darah keseluruh tubuh.
  5. Kandungan enzim protease dan lipase pada jahe berfungsi baik membantu proses pencernaan protein dan juga lemak.
  6. Mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke hasil dari manfaat wedang jahe yang mampu mencegah penggumpalan darah (antikoagulan).
  7. Khusus bagi mitra yang sering mengalami mabuk perjalanan, konsumsilah olahan jahe ini dalam bentuk minuman, makanan bahkan permen yang sudah terbukti mampu mencegah mual sebagai tanda mabuk perjalanan.