Obat Flu Pilek Tradisional Warisan Nenek Moyang

Print More

Flu atau pilek meriang panas dinginyang disertai dengan batuk memang sering banget menyerang apalagi jika cuaca penghujan seperti sekarang apalagi kalau cuaca yang tak menentu seperti pergantian musim hujan dan musim panas yang disebut pancaroba, penyakit flu akan merupakan langganan di saat-saat seperti ini, tak kenal tua, anak, dewas, semua bisa terserang.

Nenek moyang kita dahulu kala sama saja seperti kita jaman ini, sering kena batuk berdahak, gatal tenggorokan, serta sesak napas yang diakibatkan karena dahak yang menyumbat, tapi tahukah mitra, obat apa yang mereka gunakan ?.

Tidak ada satu orang yang tahu obat-obatan saat itu, keculai sekarang saatnya di bongkar rahsia turun temurun itu.

Obat flu tradisonal pasti lebih aman daripada obat-obatan kimia jaman sekarang,  obat flu pilek jaman nenek moyang itu adalah ;

1. Madu Dan Lada

Khasiat madu tidak perlu diragukan, karena di dalamnya mengandung antibakteri yang yakini mampu meringankan iritasi pada saluran pernapasan. Sedangkan serbuk Lada sendiri ini dapat membantu mengeluarkan lendir dahak di tenggorokan. Racikan kedua bahan ini di yakini cukup bantu meringankan gejala flu serta melegakan pernapasan. Cara meracik madu dan lada untuk obat flu dalah sebagai berikut.

  • Siapkan 1 sendok makan Lada hitam dan 1 sendok makan madu murni
  • Di lanjutkan dengan memasukkan kedua bahan alami tersebut ke dalam gelas berisi air anget.
  • Aduk racikan tersebut sampai merata, lalu dinginkanramuan itu  hingga 10 menit.
  • Setelah dingin maka minumlah hingga tak tersisa.

Rutinlah meminum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari, untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Rimpang jahe

Rimpang jahe adalah Obat tradisioanl yang semenjak dulu di yakini mampu meredakan serta meyembuhkan Flu. Bahkan khasiatnya pun telah terbukti di sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa Rimpang jahe itu memiliki kandungan obat mirip seperti obat farmasi yang dijual di apotik-apotik seperti terpenoid zingiberol, minyak atsiri, shogaol dan gingeril. Tak aneh jika kali ini banyak sekali obat-obat pilek farmasi yang menggunakan extrak jahe sebagai bahan dasarnya. cara membuat ramuan jahe untuk obat flu tradisional seperti berikut.

  • Siapkan cukup 2 ruas jahe yang sudah dikupas serta di bersihkan.
  • Lanjutkan dengan  merebus jahe di air 1 gelas hingga mendidih.
  • Setelah matang segera dinginkan dan minum selagi hangat sampai habis.

Agar flu cepat reda, Minumlah ramuan secara rutin  minimal 2 kali sehari tiap pagi dan malam.

3. Racikan Jeruk Nipis Dan Madu

Cara berikutnya adalah Mitra bisa memanfaatkan ramuan Jeruk Nipis di tambah Madu. Kandungan vitamin C, minyak limonene, kalsium, flavonoid, fosfor serta naringin pada jeruk Nipis di yakini juga bisa membantu meredakan gejala flu. Inilah caranya ;

  • Siapkan perasan jeruk nipis, kulit kina, madu, lempuyang wangi, dan biji pepaya secukupnya saja.
  • Terlebih dahulu haluskanlah kulit kina, madu, lempuyang wangi, dan biji pepaya.
  • Kemudian campurkan dan masukkan 1 gelas air dan semua bahan alami ke dalam wadah kemudian diaduk hingga merata.
  • Setelah merata kemudian saringlah ramuan tadi hingga menyisakan airnya saja.

Minumlah air yang telah disaring itu untuk meredakan flu, di minum 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

4. Perbanyak konsumsi Vitamin C dari buah-buahan

Guna menghindari penyakit Flu, Pilek alangkah baiknya mitra sering mengkonsumsi Vitamin C, karena dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Kebanyakan orang terkena penyakit flu disebabkan sistem imun yang menurun, sehingga mitra sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan/buah-buahan yang mengandung vitamin C. Adapun kandungan Vitamin C yang bagus dapat mitra peroleh dari Buah-buahan seperti Kiwi, Pepaya, dan jambu biji dan banyak lagi yang lainya.

Istirahatlah jika mitra lelah, kurangi begadang dan hindari terkena gerimis langsung. semoga mitra Pitaloka sehat walafiat [Editor : HM/n]