5 Cara Mudah Lancarkan Pencernaan

Print More

Menu makanan setiap hari yang banyak mengandung lemak dan kalori menciptakan tekanan pada lever dan sistem pencernaan, Jadi mitra perlu memberikan keseimabangan.

Pencernaan ga lancar mengakibatkan banyak efek samping, apalagi doyan makan mitra susah di bendung. masa harus puasa.

Seorang ahli kesehatan asal India Dolly Kumar seorang ngasih beberapa tips mudah yang bisa membantu mitra memperkuat fungsi lever dan sistem pencernaan--seperti dilansir dari The Health Site, Kamis 12 januari 2017 di bawah ini:

1. Kurangilah konsumsi kafein

Terlalu sering konsumsi kafein (lebih dari dua cangkir sehari) dapat memperlambat proses detoksifikasi pada lever, dan menurunkan kerja sistem pencernaan. Beralihlah ke teh hijau, yang lebih kecil kandungan kafeinnya.

2. Kurangi konsumsi gula

Akibat banyak mengkonsumsi gula dalam jumlah yang cukup besar dapat menimbulkan kesulitan bagi lever untuk mengubah fruktosa di dalamnya menjadi lemak di dalam darah. Ayo kita gunakan pemanis alami, seperti madu, untuk mengurangi penimbunan racun di dalam hati, sekaligus untuk mendongkrak stabilitas pencernaan.

3. Batasi asupan produk susu

Mengonsumsi produk susu (dairy) terlalu sering--kecuali yoghurt--membangun lendir-lendir di dalam lever. Dampaknya, racun-racun di dalam tubuh kita akan menumpuk dan tentu proses pencernaan akan menurun.

Pilihlah protein dari tumbuhan yang akan lebih gampang dicerna, untuk menggantikan asupan protein hewani.

4. Makanlah yang mengandung banyak serat

Serat ternyata membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi beban pekerjaan organ hati. Tambahkan lebih banyak oats dalam menu setiap hari. karena Oats kaya akan serat dan protein. atau juga makanan lain yang mengandung banyak serat.

5. Beralih menggunakan minyak yang lebih sehat

Minyak sayur dan minyak wijen membuat kerja organ hati mitra makin berat. Ayo beralihlah ke minyak yang lebih sehat seperti  diantaranya minyak zaitun atau flaxseed, yang lebih gampang diserap tubuh. (liputan6.cm)